• Aisyah Elzahra

  • Aisyah Elzahra

EMOSI

1.Pengertian Emosi

Emosi dalam pemakaian sehari-hari mengacu pada ketegangan yang terjadi pada individu akibat dari tingkat kemarahan yang tinggi.

Menurut psikolog emosi adalah bentuk yang kompleks dari organisme yang melibatkan perubahan fisik dari karakter yang luas dalam bernafas, denyut nadi, produksi kelenjer dan sebagainya.

Dari sudut pandang mental adalah suatu keadaan senang atau cemas, yang ditandai dengan perasaan yang kuat, dan biasanya dorongan menuju bentuk nyata dari suatu tingkah laku.

  1. Perbedaan Emosi Dengan Perasaan

Perasaan merupakan suatu keadaan diri individu dari suatu waktu, sebagai akibat dari stimulus yang mengenainya. Perasaan dan emosi biasanya disifatkan sebagai suatu keadaan dari organisme atau individu pada suatu waktu. Contohnya: orang merasa sedih, senang dan terharu bila ia melihat sesuatu, mendengar sesuatu atau mencium bau dan sebagainya. Dengan kata lain perasaan disifatkan sebagai suatu keadaan jiwa sebagai akibat adanya peristiwa-peristiwa yang pada umumnya datang dari luar dan peristiwa tersebut pada umumnya menimbulkan kegoncangan-kegoncangan pada individu yang bersangkutan. Sedangkan emosi biasanya diekpresikan dalam bentuk tingkah laku.

  1. Ekpresi emosi

Ekpresi emosi selain di warisi secara genetik juga diperkaya berbagai pengalaman dalam berinteraksi dengan orang lain. Kemunculan emosi seseorang biasanya dikenali dan ekpresi yang ditampilkan, baik dari perubahan wilayah, nada suara atau tingkah laku. Ekspresi tersebut muncul secara spontan dan sering kali sulit dikontrol atau ditutupi.

Macam-macam ekpresi emosi

a.Emosi Wajah

Ekpresi wajah merupakan ekpresi paling umum terjadi manakala seseorang mengalami peristiwa emosi. Wajah pucat, merah, mengerut, berseri-seri atau murung adalah sederet bentuk ekpresi emosi yang lazim dialami.

b.Ekpresi Suara

Ekpresi suara saat emosi dikenal secara umum dalam pergaulan sehari-hari    seperti tertawa, bersenandung, berteriak-teriak, memaki atau tiba-tiba terenyak dalam tatapan kosong.

c.Ekpresi Sikap dan Tingkah Laku

Sikap adalah kesiapan untuk melakukan suatu tindakan tertentu terhadap suatu yang tertentu pula.contoh ekpresi dalam sikap:orang islam yang taat dalam menjalankan keyakinan agamanya seharusnya ketika diberitahu bahwa hidangan yang tersedia di meja makanan mengandung babi, maka rasa laparnya hilang seketika. Emosi jijik akan muncul dan tentu saja mengambil sikap berpuasa dari makanan yang tersedia meskipun aromanya sangat menggoda selera.

Ekpresi emosi dalam tingkah laku cakupannya sangat luas, seluas aktifitas masyarakat itu sendiri.

Tingkah laku ada dua:

  • Tingkah laku  perlibatan diri

Adalah tingkah laku dengan upaya bergerak maju mempertahankan suasana yang menyenangkan pada emosi positif.

  • Tingkah laku perlepasan diri

Adalah lari dan menghindar dari obyek yang menimbulkan emosi. Contohnya secara spontan lari terbirit-birit untuk menyelamatkan diri dari sumber yang menakutkan atau tertunduk malu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: